BERITA

Link Terkait







 

       



         KETENTUAN UMUM PENDAFTARAN

  1. Calon peserta didik berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan (2019) dengan dibuktikan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang.

  2. Bagi sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, sekolah yang berada di 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar) dapat melebihi persyaratan batas usia dalam pelaksanaan PPDB.

  3. Calon peserta didik harus memiliki surat keterangan lulus atau bentuk lain yang sederajat terkecuali bagi calon peserta didik yang berasal dari Sekolah di luar negeri.

  4. Persyaratan SHUN dikecualikan bagi peserta didik penyandang disabilitas di sekolah penyelenggara layanan inklusi.

  5. Calon peserta didik harus mempertimbangkan zona tempat tinggal dengan sekolah tujuan.

  6. Calon peserta didik hanya diizinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali untuk setiap jalur pendaftarannya.

  7. Calon peserta didik harus memiliki PIN yang dapat diambil di SMA/SMK Negeri terdekat.

  8. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) satuan pendidikan tujuan saja yaitu SMA atau SMK.

  9. Penerimaan peserta didik baru di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 pada SMA, SMK, dan SLB tidak dipungut biaya.

  10. Calon peserta didik yang diterima di sekolah tujuan wajib mengikuti pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, termasuk ketentuan peraturan sekolah yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

  11. Calon peserta didik yang diterima di sekolah wajib membuat pernyataan tertulis setia pada Pancasila.

  12. Penetapan peserta didik baru dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah serta diketahui oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota.

  13. Peserta didik baru yang telah diterima (lulus seleksi) wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.

  14. Jika hasil verifikasi dinyatakan adanya pemalsuan dokumen maka peserta didik baru tersebut dinyatakan gugur/batal diterima di sekolah tersebut.

  15. Sanksi pengeluaran dari sekolah sebagaimana dimaksud diberikan berdasarkan hasil evaluasi dan verifikasi sekolah bersama komite sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota yang dituangkan dalam berita acara.

  16. Calon peserta didik yang telah dinyatakan diterima tetapi tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka peserta didik baru tersebut dinyatakan mengundurkan diri.

  17. Untuk sekolah program keahlian tertentu yang memiliki kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri.

  18. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan pendaftaran Calon peserta didik /PPDB.

  19. Untuk Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, Jalur Keluarga Tidak Mampu di dalamnya termasuk keluarga buruh, dan jalur prestasi maka sekolah harus membentuk Tim Verifikasi yang bertugas memverifikasi dokumen pendaftar.

  20. Untuk jalur prestasi yang belum diverifikasi oleh provinsi (Dispora dan/atau Dinas Pendidikan), maka Tim Verifikasi sekolah dapat melakukan verifikasi langsung terhadap dokumen yang dibawa oleh Calon Peserta Didik.

  21. Tim Verifikasi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah dan diketahui oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota.

     KETENTUAN KHUSUS JALUR PENDAFTARAN

        A. Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan melalui:

           1. Jalur Prestasi,

           2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua,

           3. Jalur Zonasi, termasuk di dalamnya :

               a. Jalur Keluarga Tidak Mampu termasuk didalamnya Keluarga Buruh ;

               b. Jalur Inklusi.

         Ketentuan mengenai jalur zonasi sebagaimana dimaksud di atas dikecualikan untuk :

         1) SMK yang diselenggarakan oleh pemerintah

         2) Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus

         3) Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus

         4) Sekolah berasrama dan atau Sekolah kerja sama

         5) Sekolah di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar

         6) Sekolah yang berada di wilayah dengan jumlah anak usia sekolah tidak dapat memenuhi
             ketentuan pagu sekolah.

      B. Setiap Calon peserta didik yang tidak diterima melalui Jalur Offline dapat mendaftar di jalur

         Online.

      C. Penjelasan masing-masing Jalur :

     1. Jalur Prestasi

            a. Jalur prestasi dapat dari luar zona tetapi tetap dalam kabupaten/kota sesuai dengan domisili

                calon peserta didik.

            b. Kuota Jalur Prestasi 5% dari pagu sekolah, terdiri dari 3% Prestasi Lomba Akademik/Non

                Akademik dan 2% Prestasi Nilai Ujian Nasional

            c. Jalur Prestasi Akademik/Non Akademik diperuntukkan bagi Calon peserta didik yang

                memiliki prestasi akademik maupun non akademik pada tingkat Nasional/Internasional

                atau tingkat Provinsi atau tingkat Kabupaten/Kota.

            d. Prestasi Lomba Akademik dan Non Akademik yang dimaksud adalah :

                1) Prestasi Lomba Akademik merupakan prestasi bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

                    yang terdiri dari :

                    a. Olimpiade Sains Nasional (OSN).

                    b. Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN)

                    c. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

                2) Prestasi Lomba Non Akademik terdiri dari

                    a) Prestasi bidang seni adalah Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

                    b) Prestasi bidang olahraga:

                        1. Gala Siswa Indonesia (GSI).

                        2. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

                        3. Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV)

                        4. Pekan Olahraga Nasional (PON)

                        5. Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS)

                        6. Pekan Olahraga Pelajar Wilayah ( POPWIL)

                        7. Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA)

                        8. ASIAN GAMES

                        9. SEA GAMES, dan

                       10.Olimpiade.

                    c) Prestasi bidang Keagamaan :

                        1. Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)

                        2. Hafiz Qur’an (minimal 10 Juz)

                    d) Prestasi bidang Pramuka :

                        1. Jambore Nasional.

                    e) Prestasi Non Akademik dalam hal ini dibatasi dengan ketentuan :

                        1) Bagi peserta didik yang memiliki prestasi internasional, tingkat nasional, tingkat

                            provinsi, tingkat kabupaten/kota baik beregu maupun perorangan. Adapun prestasi

                            yang bersifat beregu maka jumlah yang diterima di satuan pendidikan tidak boleh

                            melebihi 3 (tiga) orang.

                        2) Penentuan keabsahan prestasi non akademik khusus bidang olah raga dilakukan

                            Verifikasi oleh Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Jawa Timur bersama

                            KONI Provinsi Jawa Timur berdasar data usulan dari Dinas Pendidikan dan

                            Kebudayaan Kabupaten/Kota.

                        3) Penentuan keabsahan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, keagamaan, dan

                            pramuka verifikasi dan pengabsahan prestasi dilakukan oleh Dinas Pendidikan

                            Provinsi Jawa Timur berdasar data usulan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

                            Kabupaten/Kota.

                     f) Prestasi yang diakui adalah prestasi lomba akademik dan non akademik yang diperoleh

                        pada kejuaraan secara berjenjang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan

                        dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Komite

                        Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Lembaga atau Organisasi yang memiliki induk

                        organisasi di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional serta

                        Internasional.

                    g) Prestasi Nilai Ujian Nasional yang dimaksud adalah prestasi nilai Ujian Nasional yang

                        dimiliki oleh calon peserta didik yang berasal dari luar zona dimana pemeringkatannya

                        berdasarkan hasil nilai Ujian Nasional yang tinggi.

   Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua

    a. Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua  5% dari pagu sekolah

      b. Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua

          dibuktikan SK mutasi/perpindahan tugas kedinasan paling lama 2 tahun terhitung sejak SK

          mutasi/perpindahan tugas kedinasan diterbitkan oleh intansinya dengan waktu pendaftaran

          PPDB tahun 2019.

      c. Calon peserta didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah SMA/SMK Negeri yang

          dituju sesuai dengan zona tempat tinggalnya/domisili.

      d. Perpindahan tugas dimaksud berlaku bagi anggota Polri, TNI, ASN, BUMN, BUMD yang

          dibuktikan dengan surat keputusan tentang perpindahan tugas.

          1) Perpindahan tugas orang tua yang dimaksud di atas adalah perpindahan tugas kedinasan

              paling lama 2 tahun terhitung sejak SK mutasi diterbitkan oleh instansi yang bersangkutan.

          2) Apabila dalam kuota jalur ini tidak terpenuhi maka sisa kuota dimasukkan pada jalur prestasi

              dan sebaliknya.

          3) Apabila pendaftar dalam satu sekolah melebihi kuota yang tersedia maka pemeringkatan

              berdasarkan nilai ujian nasional dan waktu pendaftaran.

    Jalur Keluarga Tidak Mampu

     a. Kuota Jalur Keluarga Tidak Mampu 20% dari pagu sekolah.

     b. Jalur ini diperuntukkan bagi anak dari keluarga tidak mampu dengan dibuktikan kartu KIP/PIP

         sebagai bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah Pusat

         atau Pemerintah Daerah, di dalamnya termasuk 5% anak dari keluarga buruh.

     c. Sekolah membentuk tim untuk melaksanakan survey ke tempat tinggal sesuai dengan domisili KK

         untuk membuktikan kebenaran dokumen berdasarkan urutan jarak terdekat dengan sekolah

     d. Orang  tua  peserta  didik  wajib  membuat  surat  pernyataan    yang menyatakan  bersedia 

         diproses  secara  hukum  jika  ternyata  terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program

         penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah dan peserta

         didik yang diterima dinyatakan gugur/batal diterima.

   Jalur Zonasi

    a. Jalur Zonasi adalah jalur penerimaan Calon peserta didik dengan memprioritaskan jarak domisili

        dengan sekolah yang dituju dan waktu pendaftaran.

    b. Kuota pada jalur Zonasi 90% (Sembilan puluh persen) dari total jumlah keseluruhan pagu, terdiri

        dari

        1) 20 % merupakan kuota keluarga tidak mampu termasuk di dalamnya anak panti asuhan, 5 %

            anak dari keluarga buruh (penjelasan pada poin 3 di atas);

        2) 50 % berdasarkan Zona, bertujuan memberi kesempatan bagi siswa yang berdomisili di area

            zona yang telah ditentukan, termasuk didalamnya penyandang disabilitas pada satuan

            pendidikan yang menyelenggarakan layanan inklusi;

        3) 20 % berdasarkan prestasi akademis dari Nilai Hasil Ujian Nasional, yang bertujuan memberi

            kesempatan bagi siswa untuk dapat memilih sekolah yang diinginkan dalam zona, di dalamnya

            terdapat 2% pada wilayah irisan antar kab/kota ;

   c. Penetapan zonasi oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota bekerja sama dengan

       Musyawarah Kerja Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

   d. Bagi sekolah yang berada di perbatasan provinsi atau kabupaten/kota (daerah irisan) penetapan

       zonasi dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan pemerintah daerah/cabang dinas pendidikan

       wilayah kabupaten/kota.

   e. Kuota peserta didik penyandang disabilitas untuk sekolah penyelenggara pendidikan inklusi paling

       banyak 3 (tiga) kursi dari setiap rombel atau sesuai dengan tingkat kesulitan peserta didik 

       berkebutuhan khusus pada setiap rombel.

   f. Satuan Pendidikan penyelenggara pendidikan inklusi menerima calon peserta didik penyandang

      disabilitas sesuai ketersediaan, kesesuaian, dan kesiapan Satuan Pendidikan.

   g. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 6

      (enam) bulan sebelum pelaksanaan pendaftaran Calon peserta didik /PPDB.

   h. Sekolah Negeri dalam lingkungan Pondok Pesantren, seleksi menggunakan jarak dan waktu,

       dibuktikan Surat Keterangan yang sah dari Pondok Pesantren.

    i. Sekolah Negeri yang lokasi berdekatan dengan Pondok Pesantren, seleksi menggunakan nilai UN,

       jarak dan waktu Calon Peserta Didik dari daerah bencana nasional dan bencana daerah, zonasi

       mengikuti tempat domisili sementara dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan.

   PAGU CALON PESERTA DIDIK

    1. Pagu Calon peserta didik  paling banyak 36 peserta didik dalam 1 (satu) rombel.

    2. Jumlah rombongan belajar dalam satuan pendidikan ditentukan sesuai dengan kapasitas sarana

        prasarana sekolah secara proporsional serta sesuai perundangan yang berlaku.

     PERSYARATAN PESERTA

     1. Sekolah Menengah Atas (SMA):

         a. Telah lulus SMP, SMP Terbuka, SMPLB dan MTs, memiliki Ijazah dan STL/STK atau Surat

             Keterangan Lulus dari sekolah (disertai nilai ujian nasional) untuk lulusan pada tahun

             pelajaran 2018/2019 atau sebelumnya.

         b. Program Paket B memiliki ijasah dan STL Program Paket B Setara SMP dan lulus pada tahun

             pelajaran 2018/2019 atau sebelumnya.

         c. Berusia paling tinggi 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2019/2020

             (tanggal 2 Juli 2019).

         d. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba.

         e. Tidak bertato dan/atau bertindik.

   TAHAPAN PENDAFTARAN

     1.  Semua Calon peserta didik mengambil PIN (Personal Identification Number) dan penentuan titik

          rumah dengan aplikasi geolokasi oleh operator dan calon peserta didik dimulai tanggal 27 Mei

          s.d. 20 Juni 2019 di SMA/SMK Negeri terdekat. PIN dipergunakan untuk melakukan

          pendaftaran.

     2.  Pendaftaran Jalur Prestasi, Perpindahan Tugas Orang Tua, Jalur Keluarga Tidak Mampu dan

          Inklusi. Pendaftaran dilaksanakan tanggal 11 s.d. 13 Juni 2019.

     3.  Pendaftaran Jalur Zonasi

          Pendaftaran dilaksanakan tanggal 17 s.d. 20 Juni 2019.

   TATA CARA PENGAMBILAN PIN

     Datang ke SMA/SMK terdekat, dengan :

     1. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah

        asal dengan menunjukkan aslinya.

     2. Menyerahkan fotocopi KK dengan menunjukkan KK aslinya.

     3. Khusus SMK, menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Dokter Pemerintah

     4. Mendapatkan PIN, jarak, dan zona yang sesuai dengan titik rumah.

      TATA CARA PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA DIDIK

    1. Untuk peserta didik yang memiliki prestasi

            Datang ke sekolah yang dituju dengan :

            a. Menyerahkan bukti-bukti prestasi penunjang (surat keterangan berprestasi yang

                diterbitkan oleh lembaga terkait, piagam/sertifikat dan foto upacara penghormatan

                pemenang) untuk diverifikasi oleh pihak sekolah 

            b. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan

                oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.

            c. Menyerahkan foto copy KK dengan menunjukkan KK aslinya.

            d. Khusus SMK memilih program keahlian yang dituju (khusus program keahlian yang

                mensyaratkan tes kesehatan wajib menyerahkan hasil tes kesehatan sesuai ketentuan

                pada poin V.2.i. ).

            e. Mendapatkan bukti pendaftaran.

    2. Untuk peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua Datang ke sekolah

           yang dituju dengan :

           a. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh

               sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.

           b. Menyerahkan foto copy KK dengan menunjukkan KK aslinya.

           c. Menyerahkan fotocopi SK mutasi/perpindahan tugas orang tua paling lama 2 tahun

               terhitung sejak SK mutasi diterbitkan oleh instansi yang bersangkutan.

           d. Menyerahkan surat keterangan domisili dari kelurahan/desa.

           e. Khusus SMK memilih program keahlian yang dituju (khusus program keahlian yang

               mensyaratkan tes kesehatan wajib menyerahkan hasil tes kesehatan sesuai ketentuan

               pada poin V.2.i. ).

           f. Mendapatkan bukti pendaftaran. 

    3. Untuk peserta didik Keluarga Tidak Mampu

           Datang ke sekolah yang dituju dengan :

           a. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh

              sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.

          b. Menyerahkan foto copy KK dengan menunjukkan KK aslinya.

          c. Menyerahkan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari

              Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah dengan menunjukkan kartu PIP/KIP atau

              sejenisnya yang diterbitkan sekurang kurangnya 1 (satu) tahun sebelumnya.

          d. Calon peserta didik dari keluarga buruh menyerahkan bukti kartu tanda anggota

              organisasi buruh orang tuanya yang resmi diakui pemerintah.

          e. Khusus SMK memilih program keahlian yang dituju (khusus program keahlian yang

              mensyaratkan tes kesehatan wajib menyerahkan hasil tes kesehatan sesuai ketentuan

              pada poin V.2.i.).

          f. Mendapatkan bukti pendaftaran.

   4. Untuk peserta didik inklusi

      Datang ke sekolah yang dituju dengan :

          a. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan

              oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.

          b. Menyerahkan foto copy KK dengan menunjukkan KK aslinya.

          c. Menyerahkan hasil asesmen awal (Asesmen fisik/Psikologis, Akademik, Fungsional,

              Sensori dan Motorik) yang dikeluarkan oleh lembaga Psikologi atau ahli yang

              berwenang untuk inklusi.

          d. Khusus SMK memilih program keahlian yang dituju (khusus program keahlian yang

              mensyaratkan tes kesehatan wajib menyerahkan hasil tes kesehatan sesuai ketentuan

              pada poin V.2.i.).

          e. Mendapatkan bukti pendaftaran.

   5. Untuk peserta didik jalur zonasi

          a. Calon peserta didik  melakukan pendaftaran melalui website ppdbjatim.net

          b. Melakukan pemilihan sekolah tujuan secara daring (online).

          c. Mencetak bukti pendaftaran.

   PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN

    1. Pemilihan sekolah tujuan:

        a. Calon peserta didik harus sudah memiliki PIN, selanjutnya Calon peserta didik

            melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat ppdbjatim.net

        b. Calon peserta didik hanya diizinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak

            dapat mencabut kembali pendaftarannya.

    2. Calon peserta didik  harus menentukan pilihan sebagai berikut:

        a. Pendaftaran secara offline untuk jalur prestasi, perpindahan tugas orang tua,

            keluarga tidak mampu dan inklusi, hanya bisa memilih 1 sekolah yang dituju

        b. Pendaftaran secara online untuk Jalur zonasi dapat memilih paling banyak 2 sekolah

            dalam zona sesuai domisili.

    3. Sistem penerimaan peserta didik baru tahun 2019 harus sesuai dengan petunjuk teknis

        yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

   KRITERIA PEMERINGKATAN

     1. Jalur Prestasi Akademik/Non Akademik

         Berdasarkan bobot prestasi (skoring), Nilai Ujian Nasional dan waktu pendaftaran.

         Khusus untuk prestasi bidang keagamaan Hafiz Qur’an, skoring sebagi berikut

         10 Juz = 5, 20 Juz = 7, 30 Juz = 9 Apabila skoring sama, maka pemeringkatan

          berdasarkan nilai ujian nasional dan waktu pendaftaran.

     2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua

         Apabila pendaftar melebihi kuota pagu, maka pemeringkatan berdasarkan Nilai Ujian

         Nasional dan waktu daftar.

     3. Jalur Keluarga Tidak Mampu

         Apabila pendaftar melebihi kuota pagu, maka pemeringkatan berdasarkan Nilai Ujian

         Nasional dan waktu daftar.

     4. Jalur Zonasi/Reguler

         a. Pemeringkatan berdasarkan zona dengan kuota sebesar 50%, pemeringkatannya

             berdasarkan jarak tempat tinggal dalam zona dengan sekolah yang dipilih. Jika jarak

             sama, maka pemeringkatan berdasarkan Nilai Ujian Nasional dan waktu pendaftaran.

         b. Pemeringkatan berdasarkan nilai UN dengan kuota sebesar 20%


Jika kurang jelas silahkan membuka web resmi PPDB 2019 : ppdbjatim.net

Back To Top